1. Eksibisionisme
yaitu kelainan seks yang suka memperlihatkan organ kelamin kepada orang
lain yang tidak ingin melihatnya dan juga suka melakukan autoeroticism
(praktek seksual merangsang diri sendiri atau masturbasi) sambil
memperlihatkannya kepada orang lain.
2. Fetisisme
Orang dengan gangguan ini mencapai kepuasan seksual dengan menggunakan
obyek bukan manusia, paling sering pakaian dalam perempuan, sepatu,
stocking, atau item pakaian lainnya.
3. Frotteurisme
Orang dengan gangguan ini sering menggosok-gosokkan organ kelaminnya
kepada orang lain yang tidak menginginkannya. Perilaku ini sering
dilakukan pada saat sibuk, di tempat ramai seperti dalam bus atau di
kereta yang penuh sesak.
4. Pedofilia
Pedofilia melibatkan aktivitas seksual dengan anak kecil, umumnya di
bawah usia 13. DSM-IV-TR mendeskripsikan kriteria orang dengan pedofilia
berusia di atas 16 tahun, dan setidaknya 5 tahun lebih tua dari si anak
yang dijadikan obyek seksualnya. Orang dengan pedofilia bisa tertarik
dengan anak laki-laki atau perempuan, walaupun hampir dua kali lipat
ketertarikan lebih banyak pada anak laki-laki. Biasanya orang dengan
gangguan ini mengembangkan prosedur dan strategi untuk mendapatkan akses
dan kepercayaan anak-anak.
5. Seksual masokisme
Masokisme adalah istilah yang digunakan untuk kelainan seksual tertentu,
namun yang juga memiliki penggunaan yang lebih luas. Gangguan seksual
ini melibatkan kesenangan dan kegembiraan yang diperoleh dari rasa sakit
pada diri sendiri, baik yang berasal dari orang lain atau dengan diri
sendiri. Gangguan ini biasanya terjadi sejak kanak-kanak atau menginjak
remaja yang sudah mulai kronis. Orang dengan gangguan ini mencapai
kepuasan dengan mengalami rasa sakit. Masokisme adalah satu-satunya
kelainan paraphilia yang dialami oleh perempuan, sekitar 5 persen
makosis adalah perempuan. Istilah ini berasal dari nama seorang penulis
asal Austria pada abad ke-19, Leopold von Sacher-Masoch, yang novelnya
sering menyebutkan karakter yang terobsesi dengan kombinasi seks dan
rasa sakit. Dalam arti lebih luas, masokisme mengacu pada pengalaman
menerima kenikmatan atau kepuasan dari penderitaan sakit. Pandangan
psikoanalitik bahwa masokisme adalah agresi berbalik ke dalam, ke diri,
ketika seseorang merasa terlalu bersalah atau takut untuk
mengungkapkannya secara lahiriah.
6. Seksual sadisme
Seorang individu sadisme mencapai kepuasan seksual dengan menyakiti
orang lain. Dalam teori psikoanalitik, sadisme terkait dengan rasa takut
pengebirian, sedangkan penjelasan perilaku sadomasokisme (praktek
seksual menyimpang yang menggabungkan sadisme dan masokisme) adalah
perasaan secara fisiologis mirip dengan gairah seksual. Kriteria
diagnostik klinis untuk kedua gangguan ini adalah pengulangan dari
perilaku selama setidaknya enam bulan, dan kesulitan yang signifikan
atau penurunan kemampuan untuk berfungsi sebagai akibat dari perilaku
atau terkait dorongan atau fantasi. Sadomasokisme bisa terjadi pada
laki-laki dan perempuan, baik heteroseksual dan hubungan homoseksual.
7. Transvestic fetisisme
Gangguan ini dicirikan dengan laki-laki heteroseksual yang mengenakan
pakaian perempuan untuk mencapai respons seksual. Gangguan ini dimulai
pada saat remaja dan masih diam-diam (tanpa ingin diketahui orang lain),
dan kemudian saat beranjak dewasa mulai berpakaian perempuan lengkap
dan di depan umum. Sebagian kecil laki-laki dengan transvestic fetisisme
mungkin mengalami dysphoria (ketidakbahagiaan dengan jenis kelamin
aslinya), yang kemudian melakukan pengobatan hormonal atau operasi
pergantian kelamin untuk membuat mereka hidup secara permanen sebagai
perempuan.
8. Voyeurism
Voyeurisme adalah paraphilia dimana seseorang menemukan kenikmatan
seksual dengan menyaksikan atau mengintip orang yang telanjang, membuka
baju, atau melakukan seks. Gangguan ini terjadi pada laki-laki dan yang
menjadi obyek biasanya orang asing. Orang dengan voyeurisme atau voyeur
berfantasi melakukan hubungan seks dengan korbannya, tetapi ia tidak
benar-benar melakukan itu. Voyeur mungkin mengintip orang asing yang
sama berulang-ulang, tapi jarang ada kontak fisik.
9. Bestialitas
Bestialitas atau zoophilia adalah istilah yang menggambarkan perasaan
atau perilaku seks yang melibatkan hewan. Perasaan seksual orang dengan
bestialitas mungkin berfokus pada hewan piaraan seperti anjing, atau
hewan ternak seperti domba atau kambing.
10. Necrophilia
Necrophilia adalah istilah yang menggambarkan perasaan atau perilaku seksual yang melibatkan mayat.
Jumat, 08 Februari 2013
Doa untuk Diri Pribadi dan Keluarga
Wahai Yang Tak Pernah Pudar
Segala Keajaiban Keagungan-Nya
Limpahkan sejahtera kepada Nabi Muhammad
dan keluarganya
dan selimutilah kami dalam kebesaran-Mu
dari bahaya atheisme
Wahai Yang Tak Pernah Sirna Masa Kekuasaan-Nya
Limpahkan sejahtera kepada Nabi Muhammad
dan keluarganya
dan bebaskanlah kami dari siksaan-Mu
Wahai Yang Tak Pernah Habis
Segala Kekayaan Rahmat-Nya
Limpahkan sejahtera kepada Nabi Muhammad
dan keluarganya
dan jadikanlah kami termasuk dalam bagian rahmat-Mu
Wahai Yang Tak Pernah Putus
Segala Pandangan Untuk Melihat-Nya
Limpahkan sejahtera kepada Nabi Muhammad
dan keluarganya
dan dekatkanlah kami ke pangkuan-Mu
Wahai Yang Membuat Kecil dan Sepele
Segala Bahaya Yang Lewat
Limpahkan sejahtera kepada Nabi Muhammad
dan keluarganya
dan muliakanlah kami di hadapan-Mu
Wahai Yang Tampak Kepada-Nya Rahasia Segala Berita
Limpahkan sejahtera kepada Nabi Muhammad
dan keluarganya
dan janganlah Engkau permalukan kami di depan-Mu
Ya Allah,
Cukupkanlah kami dengan pemberian-Mu
dari segala macam pemberian orang-orang yang memberi
Jauhkanlah kami dari kebuasan
orang-orang yang memutuskan hubungan
dengan tetap berhubungan dengan-Mu
sehingga kami tidak mengharap kepada orang lain
selain kepada uluran tangan-Mu
Kami tidak takut dan menghindari orang lain
kecuali dengan kemurahan-Mu
Ya Allah,
Limpahkan sejahtera kepada Nabi Muhammad
dan keluarganya
aturlah kami untuk mencapai maksud kami
dan janganlah Engkau memperdayakan kami
berilah kami upaya mencari akal
dan jangan Engkau mempertipudaya kami
Ya Allah,
Limpahkan sejahtera kepada Nabi Muhammad
dan keluarganya
lindungilah dan jagalah kami
berilah petunjuk kepada kami menuju ke jalan-Mu
janganlah Engkau jauhkan kami dari sisi-Mu
Sesungguhnya orang yang Engkau jaga akan selamat
dan yang Engkau beri petunjuk pasti memperoleh ilmu
dan yang Engkau dekatkan kepada-Mu
pasti memperoleh kecukupan
Ya Allah,
Limpahkan sejahtera kepada Nabi Muhammad
dan keluarganya
lindungilah kami dari pengaruh cobaan zaman
dari kejahatan tipuan syaitan
serta dari perihnya kekuasaan penguasa
Orang-orang yang berkecukupan itu
semuanya berkat kekuasaan-Mu
Maka limpahkan sejahtera kepada Nabi Muhammad
dan keluarganya
serta cukupkanlah kami
Dan orang-orang yang memberi itu
semuanya hanya berkat karunia-Mu
Maka limpahkan sejahtera kepada Nabi Muhammad
dan keluarganya
serta berilah kami karunia-Mu
Dan orang-orang yang memperoleh petunjuk itu
semuanya hanya berkat cahaya diri-Mu
Maka limpahkan sejahtera kepada Nabi Muhammad
dan keluarganya
serta berilah kami petunjuk
Ya Allah,
Sesungguhnya orang-orang yang Engkau tolong
tidak akan mendapat bahaya
dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab
Orang-orang yang Engkau beri
tak akan mengalami kekurangan
dari orang-orang yang pelit
Orang-orang yang Engkau beri petunjuk
tak akan disesatkan oleh orang-orang yang menyesatkan
Maka limpahkan sejahtera kepada Nabi Muhammad
dan keluarganya
dan cegahlah kami dengan kebesaran-mu
dari gangguan hamba-hamba-Mu
dan cukupkanlah kami dari meminta-minta selain kepada-Mu
dengan tetap bersandar kepada-Mu
dan tunjukkanlah kami jalan yang benar
berkat petunjuk dan hidayah-Mu
Ya Allah,
Limpahkan sejahtera kepada Nabi Muhammad
dan keluarganya
dan jadikanlah kelapangan hati kami
untuk tetap menyebut keagungan-Mu
dan kehampaan tubuh kami
untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu
dan kelancaran lidah kami
untuk tetap menyebut-nyebut karunia-Mu
Ya Allah,
Limpahkan sejahtera kepada Nabi Muhammad
dan keluarganya
dan jadikanlah kami termasuk para penyeru-Mu
yang mengajak ke jalan-Mu dan kepada hidayah-Mu
dan masukkanlah kami menjadi para penunjuk jalan-Mu
yang memberi petunjuk kepada-Mu
Dan termasuk pula ke dalam orang-orang
yang Engkau pilih dan istimewakan di sisi-Mu
Wahai Yang Maha Pengasih
Segala Keajaiban Keagungan-Nya
Limpahkan sejahtera kepada Nabi Muhammad
dan keluarganya
dan selimutilah kami dalam kebesaran-Mu
dari bahaya atheisme
Wahai Yang Tak Pernah Sirna Masa Kekuasaan-Nya
Limpahkan sejahtera kepada Nabi Muhammad
dan keluarganya
dan bebaskanlah kami dari siksaan-Mu
Wahai Yang Tak Pernah Habis
Segala Kekayaan Rahmat-Nya
Limpahkan sejahtera kepada Nabi Muhammad
dan keluarganya
dan jadikanlah kami termasuk dalam bagian rahmat-Mu
Wahai Yang Tak Pernah Putus
Segala Pandangan Untuk Melihat-Nya
Limpahkan sejahtera kepada Nabi Muhammad
dan keluarganya
dan dekatkanlah kami ke pangkuan-Mu
Wahai Yang Membuat Kecil dan Sepele
Segala Bahaya Yang Lewat
Limpahkan sejahtera kepada Nabi Muhammad
dan keluarganya
dan muliakanlah kami di hadapan-Mu
Wahai Yang Tampak Kepada-Nya Rahasia Segala Berita
Limpahkan sejahtera kepada Nabi Muhammad
dan keluarganya
dan janganlah Engkau permalukan kami di depan-Mu
Ya Allah,
Cukupkanlah kami dengan pemberian-Mu
dari segala macam pemberian orang-orang yang memberi
Jauhkanlah kami dari kebuasan
orang-orang yang memutuskan hubungan
dengan tetap berhubungan dengan-Mu
sehingga kami tidak mengharap kepada orang lain
selain kepada uluran tangan-Mu
Kami tidak takut dan menghindari orang lain
kecuali dengan kemurahan-Mu
Ya Allah,
Limpahkan sejahtera kepada Nabi Muhammad
dan keluarganya
aturlah kami untuk mencapai maksud kami
dan janganlah Engkau memperdayakan kami
berilah kami upaya mencari akal
dan jangan Engkau mempertipudaya kami
Ya Allah,
Limpahkan sejahtera kepada Nabi Muhammad
dan keluarganya
lindungilah dan jagalah kami
berilah petunjuk kepada kami menuju ke jalan-Mu
janganlah Engkau jauhkan kami dari sisi-Mu
Sesungguhnya orang yang Engkau jaga akan selamat
dan yang Engkau beri petunjuk pasti memperoleh ilmu
dan yang Engkau dekatkan kepada-Mu
pasti memperoleh kecukupan
Ya Allah,
Limpahkan sejahtera kepada Nabi Muhammad
dan keluarganya
lindungilah kami dari pengaruh cobaan zaman
dari kejahatan tipuan syaitan
serta dari perihnya kekuasaan penguasa
Orang-orang yang berkecukupan itu
semuanya berkat kekuasaan-Mu
Maka limpahkan sejahtera kepada Nabi Muhammad
dan keluarganya
serta cukupkanlah kami
Dan orang-orang yang memberi itu
semuanya hanya berkat karunia-Mu
Maka limpahkan sejahtera kepada Nabi Muhammad
dan keluarganya
serta berilah kami karunia-Mu
Dan orang-orang yang memperoleh petunjuk itu
semuanya hanya berkat cahaya diri-Mu
Maka limpahkan sejahtera kepada Nabi Muhammad
dan keluarganya
serta berilah kami petunjuk
Ya Allah,
Sesungguhnya orang-orang yang Engkau tolong
tidak akan mendapat bahaya
dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab
Orang-orang yang Engkau beri
tak akan mengalami kekurangan
dari orang-orang yang pelit
Orang-orang yang Engkau beri petunjuk
tak akan disesatkan oleh orang-orang yang menyesatkan
Maka limpahkan sejahtera kepada Nabi Muhammad
dan keluarganya
dan cegahlah kami dengan kebesaran-mu
dari gangguan hamba-hamba-Mu
dan cukupkanlah kami dari meminta-minta selain kepada-Mu
dengan tetap bersandar kepada-Mu
dan tunjukkanlah kami jalan yang benar
berkat petunjuk dan hidayah-Mu
Ya Allah,
Limpahkan sejahtera kepada Nabi Muhammad
dan keluarganya
dan jadikanlah kelapangan hati kami
untuk tetap menyebut keagungan-Mu
dan kehampaan tubuh kami
untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu
dan kelancaran lidah kami
untuk tetap menyebut-nyebut karunia-Mu
Ya Allah,
Limpahkan sejahtera kepada Nabi Muhammad
dan keluarganya
dan jadikanlah kami termasuk para penyeru-Mu
yang mengajak ke jalan-Mu dan kepada hidayah-Mu
dan masukkanlah kami menjadi para penunjuk jalan-Mu
yang memberi petunjuk kepada-Mu
Dan termasuk pula ke dalam orang-orang
yang Engkau pilih dan istimewakan di sisi-Mu
Wahai Yang Maha Pengasih
SABDA RASULULLAH TENTANG ORANG TAKABUR
Rasulullah s.a.w bersabda, bermaksud: “Sesungguhnya orang-orang yang paling aku kasihi di kalangan kamu dan orang yang paling dekat tempat duduknya denganku dihari kiamat ialah orang yang paling baik akhlaknya. Sesungguhnya orang yang paling aku benci dan paling jauh dariku pada hari kiamat ialah orang yang banyak bercakap perkara sia-sia, dan berlagak angkuh, sombong malah ia merasa bangga dengan kesombongannya.” Para sahabat bertanya lagi, “wahai Rasulullah, sesungguhnya kami telah mengetahui maksud perkataan orang-orang yang suka bercakap banyak yang sia-sia, dan yang berlagak angkuh dan sombong, tetapi apakah maksud orang yang bangga dengan kesombongannya? Jawab Rasulullah “ialah orang yang takbur.”
Arti Rakaat Dalam Shalat
Dua
rakaat shalat shubuh merupakan panjatan rasa syukur atas kedua bibr
yang terdapat dalam indera pengecap (mulut). Karena hanya dengan
keduanyalah kita bisa merasai segala hal yang bersifat halus maupun
kasar.
Sedangkan empat rakaat shalat dhuhur menunjuk pada rasa
syukur kita atas indera penciuman (hidung) yang dapat mencium berbagai
bau dari empat arah. Dengan demikian empat rakaat dhuhur sekalijgus
dapat dijadikan sebagai semangat menutup keburukan yang datang dai empat
arah itu juga.
Empat rakaat shalat ashar merupakan apresiasi
manusia rasa syukur atas indera pendengaran (telinga) yang dapat
menerima berbagai jenis suara dari empat arah.
Adapun tiga raka’at
maghrib menunjukkan rasa syukur manusia atas kemampuan melihat yang
datang dari tiga arah; depan, kanan dan kiri. Sedangkan penglihatan
kearah belakang tidak mungkin bisa.
Adapaun empat rakaat shalat
isya’ merujuk pada rasa syukur manusia atas nikmat atas empat macam
rasa; dingin, panas, pahit dan manis Demikianlah rahasia angka yang
berhubungan dengan rakaat shalat.
RANTAI MAKANAN , JARING -JARING ,DAN PIRAMIDA
|
|
||||
|
(4) : Rantai Makanan dan Jaring-Jaring Makanan
Dalam
ekosistem hanya tumbuhan hijau yang mampu menghasilkan makanan sendiri melalui
proses fotosintesis dengan bantuan air, karbondioksida, klorofil dan
cahaya matahari. Bagaimana dengan mahluk hidup lain? Mahluk hidup lain
memperoleh makanan dengan melalui proses interaksi dengan mahluk hidup lain
melalui pola-pola interaksi tertentu seperti yang telah dijelaskan pada materi
sebelumnya. Untuk mengingat kembali pola interaksi dalam ekosistem bisa dilihat
di sini. Hal ini disebabkan karena mahluk hidup sebagai
mahluk sosial tidak dapat hidup tanpa peran mahluk hidup lain. Salah satu
bentuk interaksi antar mahluk hidup tersebut adalah proses makan dan dimakan
yang jika disusun secara berurutan akan membentuk suatu rantai makanan. Nah,
kali ini kita akan belajar mengenai rantai makanan, jaring-jaring makanan.
a. Rantai Makanan
Rantai
makanan adalah peristiwa makan dan dimakan antara makhluk hidup dengan urutan
tertentu. Dalam rantai makanan ada makhluk hidup yang berperan sebagai
produsen, konsumen, dan dekomposer. Berikut adalah contoh sebuah
rantai makanan.
Pada
rantai makanan tersebut terjadi proses makan dan dimakan dalam urutan tertentu
yaitu rumput dimakan belalang, belalang dimakan katak, katak dimakan ular dan
jika ular mati akan diuraikan oleh jamur yang berperan sebagai dekomposer
menjadi zat hara yang akan dimanfaatkan oleh tumbuhan untuk tumbuh dan
berkembang.
Tiap
tingkat dari rantai makanan dalam suatu ekosistem disebut tingkat trofik. Pada
tingkat trofik pertama adalah organisme yang mampu menghasilkan zat makanan
sendiri yaitu tumbuhan hijau atau organisme autotrof dengan kata lain sering
disebut produsen. Organisme yang menduduki tingkat tropik kedua disebut
konsumen primer (konsumen I). Konsumen I biasanya diduduki oleh hewan
herbivora. Organisme yang menduduki tingkat tropik ketiga disebut konsumen
sekunder (Konsumen II), diduduki oleh hewan pemakan daging (carnivora) dan
seterusnya. Organisme yang menduduki tingkat tropik tertinggi disebut konsumen
puncak.
Dengan demikian, pada rantai makanan
tersebut dapat dijelaskan bahwa :
1.
Rumput bertindak sebagai produsen.
2.
Belalang sebagai konsumen I
(Herbivora)
3.
Katak sebagai konsumen II
(Carnivora)
4.
Ular sebagai konsumen III/konsumen
puncak (Carnivora)
5.
Jamur sebagai dekomposer.
b. Jaring-jaring Makanan
Rantai
makanan merupakan gambar peristiwa makan dan dimakan yang sederhana.
Kenyataannya dalam satu ekosistem tidak hanya terdapat satu rantai makanan,
karena satu produsen tidak selalu menjadi sumber makanan bagi satu jenis
herbivora, sebaliknya satu jenis herbivora tidak selalu memakan satu jenis
produsen. Dengan demikian, di dalam ekosistem terdapat rantai makanan yang
saling berhubungan membentuk suatu jaring-jaring makanan.
Jadi
apakah jaring-jaring makanan itu? Jaring-jaring makanan merupakan sekumpulan
rantai makanan yang saling berhubungan. Perhatikan contoh jaring-jaring makanan
berikut!
Dapatkah
kalian menentukan ada berapa rantai makanan penyusun jaring-jaring
makanan tersebut? Benar sekali, ada 18 rantai makanan. Untuk bisa menentukan
berapa jumlah rantai makanan penyusun jaring-jaring makanan, kalian harus
menuliskan urutannya satu per satu dengan teliti.
c. Piramida Makanan
Seumpama
katak pada contoh rantai makanan di atas dihilangkan, apa yang akan terjadi?
Kemungkinan yang terjadi adalah jumlah belalang akan meningkat karena tidak ada
pemangsanya. Kebalikannya jumlah ular akan berkurang karena tidak ada makanan.
Yang terjadi berikutnya adalah belalang pun akan banyak yang mati karena jumlah
rumput tidak bisa memenuhi kebutuhan makan belalang yang jumlahnya bertambah
banyak.
Dari
ilustrasi di atas, sebuah ekosistem akan seimbang dan terjaga kelestariannya
apabila jumlah produsen lebih banyak daripada jumlah konsumen I, jumlah
konsumen I harus lebih banyak daripada konsumen II, dan seterusnya. Apabila
kondisi tersebut digambarkan maka akan terbentuk suatu piramida makanan.
Berikut adalah contoh piramida makanan dari jaring-jaring kehidupan di atas.
Kita
sebagai mahluk hidup senantiasa bergantung pada mahluk hidup lain. Seperti
kalian ketahui di atas, bahwa keseimbangan ekosistem sangat penting bagi
kelangsungan hidup mahluk hidup. Untuk itu kita harus arif dan bijak dengan
tidak melakukan perusakan lingkungan demi keseimbangan alam dan kelangsungan
hidup kita. Mari cintai lingkungan hidup kita mulai dari yang terdekat dengan
menjaga kelestarian alam di sekitar kita.
HADIST YANG BERBENTUK CERITA DALAM KISAH RASULULLAH SAW
kisah
ini diambil dari hadist nabi saw dari anas bin malik r.a menceritakan, kami
sedang duduk bersama rasululloh saw,tiba-tiba beliau bersabda," sekarang
akan muncul di hadapan kalian seorang ahli surga,"tidak lama kemudian
muncullah seorang dari kaum anshar,dari janggutnya menetes air bekas wudhu,dan
ia menggantungkan sandalnya di tangan kirinya.
keesokan harinya nabi saw mengatakan seperti perkataan yang kemarin.lalu muncul lagi orang anshar itu lagi, yang muncul sama dengan keadaan seperti hari pertama.pada hari ketiga rasululloh saw mengulangi perkataan yang sama dan orang anshar itu lagi yang muncul dan dengan keadaan yang sama seperti hari-hari sebelumnya.
ketika rasululoh saw pergi,abdullah bin amr r.a.mengikuti orang anshar itu hingga kerumahnya, lalu abdullah bin amr berkata padanya(orang anshar tadi)," aku telah bertengkar dengan ayahku dan aku bersumpah tidak akan kembali kepadanya selama 3 hari.menurutmu,bolehkah aku tinggal di rumahmu hingga 3 hari?"
ia menjawab,"ya.silahkan saja" anas r.a melanjutkan abdullah bin amr menceritakan bahwa ia menginap selama 3 malam di rumahnya orang anshar tadi,tetapi ia tidak pernah melihatnya beribadah pada malam hari,kecuali apabila ia terbangun dan mengubah posisi tidurnya di atas tempat tidur ,ia berdzikir kepada alloh dan mengucapkan takbir,sehingga ia bangun untuk melaksanakan shalat shubuh.
abdullah meneruskan ceritanya,ada satu perkara lagi bahwa aku tidak pernah melihat dan mendengar sesuatu yang di ucapkan kecuali yang baik-baik saja.3 hari dan 3 malam pun berlalu dan hampir saja aku merendahkan amalnya,maka akupun berkata padanya,"hai hamba alloh,tidak ada pertengkaran antara aku dan ayahku juga tidak ada perselisihan , tetapi yang sebenarnya aku telah mendengar rasululloh saw tentang diri kamu kepada kami sebanyak 3 kali
kata beliau,"akan muncul kepada kalian seorang ahli surga," lalu yang muncul adalah engkau,sebanyak 3 kali beliau mengatakan demikian dan tetap yang muncul adalah engkau.kemudian aku ingin tinggal bersamamu agar aku dapat melihat (mengetahui )apa amalanmu? lalu aku mengikutimu
tetapi ternyata aku tidak melihat engkau melakukan amal-amal yang istimewa.jadi amal apakah yang menyampaikan dirimu pada posisi yang rasululloh saw mengatakan (bahwa engkau ahli surga)?" orang anshar pun menjawab," tidak ada amal (yang istimewa) kecuali sebagaimana yang engkau lihat."
abdulah bin amr r.a melanjutkan ceritanya,ketika aku akan pergi, ia memanggilku lalu berkata,"amalku biasa-biasa saja seperti yang engkau lihat,kecuali sesungguhnya aku tidak mendapati dalam hatiku kebencian pada siapapun di antara orang-orang islam.dan aku juga tidak pernah iri kepada siapapun atas kebaikan (nikmat) alloh yang telah di berikan kepadanya..
abdulah bin amr r.a berkata," inilah amal yang telah menyampaikan dirimu pada kedudukan itu,dan inilah amal yang tidak mampu kami lakukan. (h.r ahmad dan al bazzar)
keesokan harinya nabi saw mengatakan seperti perkataan yang kemarin.lalu muncul lagi orang anshar itu lagi, yang muncul sama dengan keadaan seperti hari pertama.pada hari ketiga rasululloh saw mengulangi perkataan yang sama dan orang anshar itu lagi yang muncul dan dengan keadaan yang sama seperti hari-hari sebelumnya.
ketika rasululoh saw pergi,abdullah bin amr r.a.mengikuti orang anshar itu hingga kerumahnya, lalu abdullah bin amr berkata padanya(orang anshar tadi)," aku telah bertengkar dengan ayahku dan aku bersumpah tidak akan kembali kepadanya selama 3 hari.menurutmu,bolehkah aku tinggal di rumahmu hingga 3 hari?"
ia menjawab,"ya.silahkan saja" anas r.a melanjutkan abdullah bin amr menceritakan bahwa ia menginap selama 3 malam di rumahnya orang anshar tadi,tetapi ia tidak pernah melihatnya beribadah pada malam hari,kecuali apabila ia terbangun dan mengubah posisi tidurnya di atas tempat tidur ,ia berdzikir kepada alloh dan mengucapkan takbir,sehingga ia bangun untuk melaksanakan shalat shubuh.
abdullah meneruskan ceritanya,ada satu perkara lagi bahwa aku tidak pernah melihat dan mendengar sesuatu yang di ucapkan kecuali yang baik-baik saja.3 hari dan 3 malam pun berlalu dan hampir saja aku merendahkan amalnya,maka akupun berkata padanya,"hai hamba alloh,tidak ada pertengkaran antara aku dan ayahku juga tidak ada perselisihan , tetapi yang sebenarnya aku telah mendengar rasululloh saw tentang diri kamu kepada kami sebanyak 3 kali
kata beliau,"akan muncul kepada kalian seorang ahli surga," lalu yang muncul adalah engkau,sebanyak 3 kali beliau mengatakan demikian dan tetap yang muncul adalah engkau.kemudian aku ingin tinggal bersamamu agar aku dapat melihat (mengetahui )apa amalanmu? lalu aku mengikutimu
tetapi ternyata aku tidak melihat engkau melakukan amal-amal yang istimewa.jadi amal apakah yang menyampaikan dirimu pada posisi yang rasululloh saw mengatakan (bahwa engkau ahli surga)?" orang anshar pun menjawab," tidak ada amal (yang istimewa) kecuali sebagaimana yang engkau lihat."
abdulah bin amr r.a melanjutkan ceritanya,ketika aku akan pergi, ia memanggilku lalu berkata,"amalku biasa-biasa saja seperti yang engkau lihat,kecuali sesungguhnya aku tidak mendapati dalam hatiku kebencian pada siapapun di antara orang-orang islam.dan aku juga tidak pernah iri kepada siapapun atas kebaikan (nikmat) alloh yang telah di berikan kepadanya..
abdulah bin amr r.a berkata," inilah amal yang telah menyampaikan dirimu pada kedudukan itu,dan inilah amal yang tidak mampu kami lakukan. (h.r ahmad dan al bazzar)
Kamis, 07 Februari 2013
KALIMAT YANG DIUCAPKAN SAAT MENJADI MODERATOR ATAUPUN PEMATERI
. Saat
menjadi moderator :
ASSALAMU
ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATU
Yth Bapak/ibu guru yang saya hormati dan teman-teman semua yg saya
cintai………
Baiklah pertama-tama marilah kita buka pertemuan pagi ini dengan
terlebih dahulu mengucap puji syukur kehadlirat Tuhan YME…..
Selamat
pagi (waktu pagi) teman teman sekalian pada kesempatan kali ini saya selaku
moderator mengajak teman–teman untuk membaca doa sebelum memulai mendiskusikan
materi ………………….. yang akan di paparkan oleh …………… (kelompok , nama pemateri) dn
saya harap teman-teman tenang dalam mengikuti dan menyimak materi yanhg
disampaikan oleh pemateri . Baiklah untuk mengefisenkan waktu saya persilahkan
pemateri untuk memaparkan gagasanya.
b. Saat
menjadi penyaji .
terima
kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya / kelompok saya untuk menyajikan materi yang akan
didiskusikan pada kesempatan kita kali ini sebelumnya saya perkenalkan diri
saya…………………………………………
materi yang
akan kita bahas kali ini adalah ……….
Langganan:
Postingan (Atom)